Minggu, 27 Desember 2020

Ada Segudang PR Buat Sandiaga di Bisnis Pariwisata, Apa Saja?

 Jakarta - Ada segudang pekerjaan rumah (PR) yang harus dibereskan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di bisnis pariwisata. Apalagi sektor usaha tersebut sedang berjuang melawan dampak pandemi virus Corona (COVID-19).

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran menjelaskan PR paling utama di bisnis pariwisata adalah menciptakan daya tahan dalam menghadapi pandemi.


"Karena kan kondisi pandemi ini sebenarnya kondisi yang istilahnya kondisi yang tidak baik lah, karena yang namanya sektor pariwisata itu paling utama itu adalah mengandalkan libur salah satunya. Justru libur itu sekarang yang justru banyak ditahan karena adanya pergerakan," kata dia saat dihubungi detikcom, Minggu (27/12/2020).


Semestinya, di kala libur panjang akhir tahun seperti sekarang ini menjadi berkah bagi pelaku usaha pariwisata. Sayangnya pandemi menyebabkan hal sebaliknya.


"Sekarang kita fokus ke domestik saja, kita perhatikan bahwa banyak kebijakan-kebijakan yang justru menahan untuk adanya kegiatan atau pergerakan pada saat libur," sebut Maulana.


Dia menjelaskan ketika pelaku usaha pariwisata tidak mampu bertahan dalam kondisi sulit seperti itu, tenaga kerja lah mau tidak mau menjadi korbannya.


"Kan kalau pelaku usahanya nggak bisa bertahan otomatis impact-nya pasti ke tenaga kerja pariwisatanya kan. Kondisi saat ini saja kalau kita bicara hotel saja dengan kondisi 23% sampai 30% lah average (rata-rata) nasional itu tenaga kerjanya sudah 60% itu sudah pasti dirumahkan," paparnya.


Setelah itu, baru nanti hal yang perlu jadi perhatian Menparekraf adalah pemulihan sektor pariwisata. Sebab, pandemi menyebabkan banyak perubahan pada perilaku masyarakat yang akan berpengaruh ke sektor usaha tersebut.


"Contohnya kalau di sektor meeting itu di MICE (pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran) itu sudah mulai mentransformasikan digital juga seperti melakukan pertemuan melalui digital. Itu juga mengubah perilaku, itu juga menjadi tantangan tersendiri. Itu dampaknya kan pasti ke tenaga kerja juga nantinya. Nah hal-hal seperti ini menjadi bagian dari tantangan," tambahnya.

https://tendabiru21.net/movies/the-last-seduction/


Sandiaga soal Kesiapan 360 Derajat dan Bandung Bondowoso Destinasi Superprioritas


Menparekraf Sandiaga Uno mendapatkan tugas khusus untuk memastikan kesiapan lima destinasi superprioritas. Dia bicara tentang kesiapan 360 derajat dan tugas Bandung Bondowosonya.

Sandiaga menggantikan Wishnutama sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (menparekraf) usai dilantik pada Rabu (27/12/2020). Mendapatkan tugas yang tidak ringan saat pandemi virus Corona, Sandiaga berjanji tidak akan membuang-buang waktu.


Sesuai permintaan Presiden Joko Widodo, Sandi diminta untuk serius menyiapkan lima destinasi superprioritas. Kelima destinasi superprioritas itu adalah Danau Toba (Sumut), Candi Borobudur (Jateng), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Likupang di Sulawesi Utara.


"Tugas arahan Pak Jokowi sangat clear, bagaimana kita fokus di lima destinasi superprioritas satu tahun ke depan untuk berbenah secara totalitas. 360 derajat," ujar Sandi dalam blak-balakan detikcom.


Sandi bilang kesiapan 360 derajat yang bakal dilakukannya itu bukan cuma soal bangunan fisik, namun komplet hingga oleh-oleh.


"Pekerjaan Bandung Bondowoso ini terkait kesiapan 360 derajat pada produknya secara komprehensif. Mulai dari produk destinasiny sampai pada infrastruktur, perhubungan, jalan-jalannya, serta seluruh pernak-pernik yang berkaitan dengan destinasi tersebut,"ujar Sandi.


"Ekonomi kreatif, kulinernya seperti apa, baju, fashion sampai warna baju kancingnya dll, handicraftnya dibenahi satu tahun ke depan," dia menambahkan.


Sandi mengingatkan kendati cuma memiliki waktu pendek, langkah kesiapan lima destinasi superprioritas wajib mengedepakan aspek kesehatan dan keselamatan.


"Insya allah, dengan kedisiplinan, angka COVID-19 terkendalikan, kurva melandai dan dari sisi kesehatan kita kurvanya semakin landai, kita telah siap menyambut wisatawan domestik. Wisatawan itulah yang nantinya menjadi tulang punggung. Kemudian wisatawan asing berbondong-bondong datang ke Indonesia mengacu ke protokol kesehatan tanpa mengundang gelombang COVID-19 berikutnya," Sandiaga Uno berharap.

https://tendabiru21.net/movies/the-story-of-o/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar