Jumat, 25 Desember 2020

Duh! Data 2,9 Juta Pengguna Cermati.com Dikabarkan Bocor

 Kasus kebocoran data kembali menimpa perusahaan rintisan asal Indonesia. Kali kabarnya dialami oleh Cermati.com, ada 2,9 juta data penggunanya bobol.

Dilansir dari laman Bleepingcomputer, Senin (11/2/2020), seorang hacker menawarkan data base akun yang berisi 34 juta catatan pengguna yang diklaim dicuri dari 17 perusahaan.


Pada 28 Oktober lalu, oleh broker data breach dibuatlah sebuah topik di forum peretas untuk menjual data base tersebut. Dalam penawaran disebutkan kalau semua data diperoleh tahun 2020.


Nah dari 17 perusahaan yang dibobol tadi, ada nama Cermati.com dalam daftar. Sebanyak 2,9 juta data pengguna yang ditawarkan.


Mengkhawatirkannya data yang bocor berisikan informasi penting. Ada email, password, nama, alamat, telepon, pendapatan, bank, nomor pajak, NIK, jenis kelamin, pekerjaan, perusahaan dan paling krusial nama ibu kandung.


Jika kamu pernah mendaftar di situs Cermati.com, disarankan untuk segera mengubah password. Dan jika password dan email yang sama digunakan di layanan lain, maka baiknya ikutan diubah demi keamanan.


Saat ini detikINET sedang berupaya menghubungi pihak Cermati untuk mengonfirmasi kabar kebobolan data ini.

https://tendabiru21.net/movies/savage-grace/


Bukan Telinga, Laba-laba Ini Dengarnya Pakai Kaki!


Kita mendengar menggunakan telinga, laba-laba yang satu ini? Tidak punya gendang telinga dan membuatnya mendengarkan pakai kaki! Tentunya ini merupakan temuan yang sangat unik dan menarik untuk didalami.

Ialah Deinopis spinosa yang mengetahui mangsanya datang, dengan 'mendengarkan' kepakan sayap kecil menggunakan organ khusus di kaki mereka. Organ itu terletak di dekat ujung setiap kaki yang berisikan sel saraf yang mendeteksi perubahan kecil dalam tekanan yang disebabkan oleh gelombang suara yang berdesir di udara. Organ ini kemudian mengirimkan informasi ini ke otak.


"Ini sangat asing bagi kita karena kita tidak memiliki sistem sensorik seperti ini," kata penulis studi Jay Stafstrom, seorang peneliti postdoctoral yang mempelajari biologi sensorik di Cornell University.


Manusia, tentu saja, menggunakan gendang telinga untuk mendeteksi suara, tetapi laba-laba tidak memiliki gendang telinga, menjadikannya salah satu hewan yang unik yang pernah ada dengan kemampuan yang terbilang sangat luar biasa.


Dalam studi tersebut, tim peneliti menganalisis gerakan back-flip yang dilakukan oleh laba-laba dengan rangsangan frekuensi suara yang rendah. Ketika terpapar suara frekuensi rendah, antara 150 Hz dan 750 Hz, laba-laba meluncur ke belakang dan merentangkan jala mereka seolah-olah mereka hendak menangkap serangga yang merupakan mangsa mereka.


Suara frekuensi rendah ini meniru pola kepakan sayap berbagai serangga terbang, berdasarkan catatan para penulis. Kendati demikian, peneliti meyakini laba-laba tetap memanfaatkan indra penglihatan mereka untuk menangkap mangsa -- tidak bergantung pada 'telinga' di kaki mereka. Demikian dikutip detikINET dari Live Science.


Review Realme X50 Pro 5G: HP Kece Penantang Ponsel Flagship


 Realme cukup serius merilis ponsel yang didukung dengan teknologi 5G, dibuktikan dengan kehadiran Realme X50 Pro 5G, melengkapi HP 5G ponsel mereka. Dan, Realme X50 Pro itu sudah diboyong ke pasar Indonesia.

Di awal kedatangannya dua tahun lalu, Realme hadir dengan fokus menjual ponsel yang terjangkau. Akan tetapi, saat ini mereka mulai memasarkan harga belasan juta rupiah. Sebagai ponsel flagship, Realme X50 Pro 5G menawarkan spek yang gahar.


Apakah perangkat ini memanjakan pengguna dengan spek mewahnya itu dalam kegiatan sehari-hari? Ini hasil ulasan Realme X50 Pro 5G yang sudah dijajal detikINET.


Desain

Pertama kali memandang Realme X50 Pro 5G, kesan mempesona muncul karena bezel tipis, dual camera di depan, quad camera di belakang, yang dibalut dengan corak Rush Red yang menawan.


Ketika menggenggam HP ini, terasa perangkat ini terasa solid tapi bodinya tebal. Realme X50 Pro 5G memiliki dimensi bodi 159 x 74,2 x 8,9 mm dengan bobot 205 gram. Meski terkesan agak tebal, detikINET menilai ponsel ini masih nyaman digenggam di tangan.


Di tampilan depan, Realme X50 Pro 5G punya layar cakep dengan Super AMOLED 6,44 inch yang menawarkan aspek rasio 20:9 dan rasio screen to body hingga 92%. Pada bagian atas terdapat dual camera yang siap membantu selfie pengguna.


Beralih ke bagian bodi belakangnya. Corak Rush Red yang mengusung 3D AG Glass, membuat terkesima mata dengan warnanya halusnya. Apalagi dengan adanya quad camera ditempatkan secara vertikal, yakni lensa telephoto 12 MP yang punya kemampuan zoom hingga 20x, lensa utama 64 MP, lensa ultrawide 8 MP dan lensa B&W.

https://tendabiru21.net/movies/in-the-mood-for-love/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar