Senin, 28 Desember 2020

Pesta Teknologi Penting yang Batal Digelar di 2020 karena Corona

 Tak ada yang menyangka, tahun 2020 menjadi tahun penuh kekhawatiran bagi seluruh dunia. Pandemi virus Corona membatalkan semua rencana, termasuk sejumlah ajang teknologi akbar.

Deretan acara penting di dunia teknologi ini satu per satu mundur dari rencana awal mereka. Tak ada kemeriahan pesta teknologi seperti biasanya. Ada yang terpaksa batal sepenuhnya, ada juga yang mengalihkannya menjadi acara online.


Dihimpun detikINET, Senin (28/12/2020) inilah daftar acara teknologi dunia yang batal digelar karena pandemi Corona:


Mobile World Congress Barcelona


Mobile World Congress (MWC) yang biasanya membuka tahun baru dengan kemegahan perhelatannya, kali ini harus jadi yang pertama di 2020 mengumumkan pembatalan acara. Pada 13 Februari, GSMA selaku penyelenggara pameran akbar industri telekomunikasi ini secara resmi memutuskan untuk membatalkan perhelatan. Keputusan ini lebih cepat dari yang direncanakan.


"Dengan mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan, GSMA membatalkan MWC 2020. Kekhawatiran wabah virus corona, kekhawatiran perjalanan dan keadaan lainnya membuatnya tidak mungkin (untuk digelar). Pemerintah tuan rumah menghormati dan memahami keputusan ini," kata CEO GSMA John Hoffman seperti dilansir dari The Verge (13/2).


F8 Facebook Developer Conference


Acara bergengsi di ranah teknologi lainnya yang harus dibatalkan karena virus Corona F8 Facebook Developer Conference. Pengumuman pembatalan disampaikan langsung oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg lewat postingan blog resminya.


"Ini adalah keputusan yang sulit dilakukan. F8 adalah acara yang sangat penting bagi Facebook. Tapi kami perlu memprioritaskan kesehatan dan keselamatan mitra pengembang kami, karyawan dan semua orang yang membantu F8," tulisnya.


F8 tahun ini seharusnya digelar 5-6 Mei 2020. Karena dibatalkan, Facebook menggelar acara khusus dengan komunitas developer lokal. Selain itu, mereka meneruskan tradisi untuk menyumbangkan sebagian hasil penjualan tiket F8. Namun di tahun ini, angkanya digandakan menjadi USD 500 ribu.

https://movieon28.com/movies/ken-park/


Google I/O


Google I/O 2020 sejatinya akan digelar pada 12-14 Mei 2020. Di konferensi ini, Google biasanya memamerkan semua fitur baru yang akan dihadirkan ke Android dan berbagai layanan Google lainnya.


Mereka juga sering meluncurkan bermacam perangkat baru di ajang tahunan yang digelar di markasnya di Mountain View, California, Amerika Serikat tersebut. Namun Google akhirnya membatalkan Google I/O 2020 secara total karena penyebaran virus Corona yang semakin parah.


"Kepedulian kami terhadap kesehatan dan keamanan para developer, pegawai, dan komunitas lokal -- termasuk dengan aturan 'shelter in place' yang diterapkan oleh pemerintah Bay Area -- kami dengan sangat sedih tak akan mengadakan I/O dalam bentuk apa pun tahun ini," kata Google dalam pernyataan mereka di situs resmi Google I/O.


Microsoft Build


Untuk pertama kalinya ajang temu developer Microsoft yang bernama Microsoft Build harus dilakukan secara online. Keputusan tersebut menyusul persebaran wabah virus Corona yang semakin meluas.


Ajang tahunan tersebut seharusnya digelar pada 19 Mei-21 Mei 2020 di markas Microsoft di Seattle, Amerika Serikat. Melalui sebuah pernyataan resmi, Microsoft mengatakan akan mengikuti anjuran keamanan dan kesehatan pemerintah setempat.


"Keamanan dan kesehatan komunitas kami adalah prioritas utama. Mengikuti anjuran keamanan dan kesehatan dari pemerintah daerah Washington, kami akan menggelar acara tahunan Microsoft Build untuk para pengembang sebagai acara digital (online)," tulis Microsoft.


Microsoft Build adalah salah satu acara besar yang digelar Microsoft setiap tahun. Dalam ajang ini, Microsoft biasanya memberikan sejumlah informasi khusus untuk para pengembang.

https://movieon28.com/movies/silk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar