Sabtu, 26 Desember 2020

Terpopuler Sepekan: Isu Vaksin COVID-19 Sinovac Lemah dan Bantahan BPOM

 Pekan ini sempat ramai kabar yang menyebut vaksin COVID-19 buatan Sinovac cenderung lebih lemah bila dibandingkan vaksin COVID-19 lain. Berawal dari pemberitaan Al Jazeera pada November silam yang memuat tabel tentang perkembangan uji klinis berbagai vaksin COVID-19.

Tabel secara detail membandingkan 10 vaksin COVID-19, antara lain dari AstraZeneca-Oxford, CanSino, Gamaleya Research Institute, INOVIO, Johnson & Johnson, Moderna, Pfizer-BioNTech, Sinopharm, dan Sinovac.


Vaksin COVID-19 buatan Pfizer-BioNTech disebut paling tinggi menimbulkan respons imun sampai 95 persen, sementara vaksin COVID-10 buatan Sinovac hanya ditulis keterangan "low" atau rendah.


Tidak dijelaskan lebih detail dari mana sumber data yang digunakan tabel.


Juru bicara program vaksinasi COVID-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Lucia Rizka Andalusia, memastikan belum ada tabel data resmi yang membandingkan respons imun beragam kandidat vaksin COVID-19. Kabar ini bahkan sudah dikonfirmasi ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).


"Hingga saat ini, tidak ada dokumen dan informasi resmi dari WHO yang membandingkan respon imunitas 10 kandidat vaksin, atau pernyataan bahwa vaksin Sinovac rendah sebagaimana ditampilkan dalam pemberitaan," tegas Lucia.


"Pemerintah telah menegaskan komitmennya untuk memastikan bahwa vaksinasi hanya dilakukan dengan vaksin yang aman, efektif, dan bermutu secepatnya," lanjutnya.


Lucia menjelaskan vaksin Corona buatan Sinovac tidak hanya dipesan oleh Indonesia. Beberapa negara mulai dari Brasil, Turki, Singapura, Chili dan Filipina juga diketahui memesan vaksin COVID-19 Sinovac.

https://movieon28.com/movies/femme-fatale/


Tips Tetap Makan Enak Tanpa Takut Kolesterol Jahat


Saat Natal dan Tahun Baru pasti akan banyak tersaji makanan yang lezat dan menggugah selera. Ada kue jahe, pie, klapetart, cheese cake, hingga aneka makanan berat seperti babi panggang, ayam rica-rica, dan berbagai macam sea food.

Meskipun enak, sayangnya, beberapa dari makanan tersebut tidak ramah bagi kamu penderitakolesterol. Kandungan kolesterol jahat yang ada pada makanan 'enak' tersebut akan membuat kadar kolesterolmu melambung tinggi dan hal tersebut tentu berbahaya bagi kesehatan.


Namun, ada cara loh, biar kamu tetap bisa makan enak tanpa takut kolesterol jahat. Berikut beberapa tips yang detikHealth rangkum dari berbagai sumber.


Tidak Berlebihan


Saat melihat deretan makanan enak tersaji di depan mata, nafsu makan pun secara otomatis akan meningkat. Namun, kamu harus mengerem nafsu makan tersebut. Tak perlu berlebihan saat makan, terutama makan daging merah. Anggaplah konsumsi daging hanya sebagai bagian dari ucapan rasa syukur karena masih bisa berkumpul bersama keluarga di damainya Hari Natal.


Pakai Piring Kecil


Untuk membantu kamu mengontrol makanan yang kamu makan, gunakanlah piring kecil. Jika ukuran piring cukup besar, akan ada dorongan dalam diri kita untuk mengambil porsi makanan lebih banyak. Piring yang lingkarannya tidak besar akan membuat kita bisa mengambil porsi yang sewajarnya dan tidak perlu terus-terusan menambah.


Kurangi Dessert


Selain makanan utama, makan pencuci mulut kerap menjadi bagian paling menggoda. Padahal, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula juga bisa mengurangi kadar kolesterol baik (HDL). Sedangkan HDL berfungsi mengikat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Agar pengikatan kolesterol Jahat tetap berjalan normal, maka kamu harus kurangi konsumsi gula.


Imbangi dengan Sayur


Peran sayur sangat penting untuk menghalangi penyerapan kolesterol jahat di saluran pencernaan, sehingga sebagian kolesterol jahat bisa terbuang. Misalkan, ketika makan sate kambing, kombinasikan dengan timun, acar, tomat, dan sayuran lainnya supaya kita cepat merasa kenyang juga.


Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa mengontrol kadar kolesterol jahat dengan minum NestléACTICORdua kali sehari setelah makan. Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin.


Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan yang berasal dari oats dan Inulin yang berasal dari akar Chicory. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.


Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. NestléACTICORbaik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.


Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.

https://movieon28.com/movies/two-moon-junction/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar