Minggu, 20 Desember 2020

PLN Punya Aplikasi! Bayar Listrik hingga Tambah Daya Bisa Lewat Hape

 PT PLN (Persero) resmi meluncurkan aplikasi New PLN Mobile. Kini untuk memenuhi kebutuhan layanan listrik bisa semakin mudah hanya lewat satu aplikasi.

Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan aplikasi ini memperbarui aplikasi yang lama dengan fitur yang semakin lengkap. Diharapkan masyarakat semakin mudah dan terbantu dengan adanya aplikasi ini.


"Semoga dengan adanya New PLN Mobile tingkat kepuasan masyarakat terhadap PLN akan semakin meningkat," kata Darmawan dalam konferensi pers 'Launching New PLN Mobile' di Kantor PLN Pusat, Jakarta Selatan, Minggu (20/12/2020).


Ada 9 fitur yang disediakan di aplikasi New PLN Mobile yakni sebagai berikut:


1. Bisa bayar token dan tagihan listrik

Tersedia pilihan jenis pembayaran mulai dari 4 jenis bank seperti Mandiri, BRI, BNI dan BCA, bisa juga melalui fintech seperti LinkAja, Gopay dan OVO. Bagi pelanggan kartu kredit, tersedia untuk pelanggan Visa dan MasterCard.


"Sekarang (pelanggan) bisa membeli token dan membayar tagihan, dulu belum ada," ucap Darmawan.


2. Fitur untuk notifikasi tagihan

3. Bisa catat meter mandiri

Setiap tanggal 24-27 pelanggan bisa mencatat meter sendiri, nantinya setiap tanggal 1 akan muncul tagihan di menu pembayaran tagihan untuk kemudian bisa langsung dibayarkan.


"Dulu kita harus mengerahkan petugas kita datang ke lokasi masing-masing, saat ini pelanggan bisa melakukan itu secara mandiri gar punya kendali bagaimana memonitor secara masing-masing," imbuhnya.


4. Bisa memonitor pemakaian paskabayar pada bulan-bulan sebelumnya.

5. Bisa ubah daya

6. Bisa memonitor pembelian token

7. Pengaduan

Selain lewat call center 123, saat ini pelanggan bisa melakukan pengaduan lewat aplikasi New PLN Mobile. Dengan begini diharapkan pengaduan yang masuk bisa dengan sigap direspons dan didatangi langsung oleh petugas dari lokasi terdekat karena data pelanggan sudah diketahui saat baru registrasi aplikasi ini.


"Bedanya dengan call center 123, begitu pelanggan memasang New PLN Mobile kita sudah tahu pelanggan tersebut ID-nya. Ini akan langsung terhubung ke aplikasinya tanpa adanya human intervention. Ini bisa mengurangi beban telepon pengaduan call center ke 123," jelasnya.


8. Informasi Progres Penyelesaian Gangguan


9. Notifikasi Padam dan Pemeliharaan


Jika ada pemadaman atau pemeliharaan listrik, pelanggan akan mendapat notifikasi Lewat aplikasi 'New PLN Mobile'. Namun, khusus fitur ini baru bisa dinikmati oleh pelanggan di Jawa, Madura dan Bali (Jamali).


Aplikasi ini sudah tersedia secara gratis di Play Store dan App Store. Selamat mencoba!

https://tendabiru21.net/movies/valentine-2/


Rapid Test Antigen Mahal Tapi Tetap Mau Liburan? Begini Siasatinya


 Beberapa daerah sudah menyatakan hasil rapid test antigen sebagai syarat masuk ke wilayahnya, yakni Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Kota Malang, dan Bali. Bagi kamu yang mau berlibur ke sana harus menyiapkan budget lebih untuk melakukan rapid test antigen.

Jika dana pas-pasan untuk liburan, masih ada cara agar rencana kamu traveling tetap terlaksana, yakni menekan pengeluaran selama di lokasi wisata. Dengan begitu, ada cukup uang untuk melakukan rapid test antigen.


"Kalau memang mau seperti itu berarti trik yang bisa dilakukan adalah ketika di tempat liburan mereka harus pintar-pintar berhemat," Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho saat dihubungi detikcom, Minggu (20/12/2020).


Contoh pengeluaran yang bisa ditekan yakni dengan mengurangi jumlah destinasi yang dikunjungi atau mengurangi belanja oleh-oleh.


"Jumlah destinasi tempat yang dikunjungi dikurangi, atau biasanya nih yang suka bikin jebol itu oleh-oleh sih biasanya menurut saya, artinya oleh-oleh cinderamata gitu kita jadi lapar mata," sebutnya.


Walaupun mungkin berat mengorbankan keinginan untuk mengunjungi banyak destinasi ataupun membeli pernak-pernik khas tempat kita berlibur, tapi itu merupakan konsekuensi jika ingin tetap jalan-jalan sementara budget pas-pasan.


"Yang bisa kita lakukan seperti itu artinya konsekuensinya adalah karena budget kita membengkak untuk rapid ini berarti kita harus mengurangi untuk cost pengeluaran yang lain," tambahnya.


Berdasarkan yang diatur pemerintah, tarif termahal rapid test antigen di Pulau Jawa Rp 250 ribu dan luar Jawa Rp 275 ribu.

https://tendabiru21.net/movies/valentine/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar