Jumat, 28 Agustus 2020

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Batuk

 Batuk adalah penyakit yang kerap menyerang saat hujan. Konsumsi makanan di bawah ini agar tidak batuk.

Batuk merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu saat melakukan kegiatan sehari-hari. Gejalanya muncul rasa gatal dan kering pada tenggorokan. Untuk meredakan batuk, kamu tidak perlu khawatir. Ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi dan dapatkan dengan mudah untuk mengobati batuk yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kaldu

Kaldu yang digunakan bisa dari kaldu tulang sapi atau kaldu pada sup. Kaldu bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan mengurangi kadar lendir pada tenggorokan yang menyebabkan batuk dan menghilangkan zat-zat kimia yang terdapat di tenggorokan.

2. Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C dipercaya bisa menyembuhkan jenis penyakit seperti panas dalam dan sariawan. Namun, saat batuk juga membutuhkan asupan vitamin C yang banyak untuk mendukung kekebalan tubuh dan meningkatkan sel darah putih. Vitamin C bisa kamu dapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, nanas, tomat, lemon, pepaya, stroberi, dan buah lainnya.

3. Bawang Putih

Bawang putih telah terbukti dapat mencegah batuk dan pilek jika dikonsumsi secara rutin. Ini dikarenkaan bawang putih memiliki komponen yang bisa meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Bawang putih bisa dimakan langsung saat mentah, atau bisa dicampurkan ke makanan lain.

4. Makanan Lembut

Batuk yang terus menerus dapat melukai tenggorokan. Untuk menghindari tergoresnya tenggorokan karena batuk berkepanjangan dan tidak terjadi iritasi pada tenggorokan, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lembut seperti oatmeal, agar-agar, puding, bubur atau sup.

5. Ikan

Mengonsumsi daging ikan ketika sedang batuk sangat dianjurkan karena ikan kaya akan lemak omega-3. Komponen-komponen ini dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan dan dapat mencegah sistem kekebalan tubuh kamu berfungsi tidak baik.

6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid, Ladies Wajib Tahu

 Sebagian besar wanita nafsu makannya membuncah ketika haid. Namun ada beberapa makanan yang harus dihindari ketika haid datang. Apa saja?
Saat sedang haid, wanita kerap merasakan nyeri pada bagian perut dan bagian tubuh lainnya. Hal tersebut membuat wanita ingin sekali mengonsumsi makanan manis seperti cokelat dan makanan cepat saji untuk mengurangi rasa nyeri.

Namun, perlu diingat saat haid datang, ada beberapa makanan yang harus dihindari. Tujuannya agar terhindar dari nyeri, sakit, dan kembung saat haid. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari saat haid dirangkum dari berbagai sumber:

1. Junkfood
Sebagian besar wanita yang mengalami haid ingin mengonsumsi makanan cepat saji atau camilan berupa kentang goreng untuk memperbaiki emosi. Namun, mengonsumsi makanan cepat saji dan kentang goreng saat haid bisa membuat perut kamu kembung dan sakit. Kentang goreng bisa kamu ganti dengan kentang panggang atau kentang rebus yang kadar garamnya lebih rendah.

2. Minuman Kafein
Bagi kamu pecinta kopi dan teh, sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein saat haid (https://www.detik.com/tag/haid). Kopi dan teh mengandung kafein yang bisa membuat perut kamu tambah sakit dan berpotensi terkena maag. Tentu hal itu akan menyiksa diri kamu sendiri jika tetap diminum.

3. Minuman Mengandung Alkohol dan Soda
Selama haid berlangsung, hindari minuman yang mengandung alkohol dan soda. Sebab alkohol bisa membuat kamu menjadi sulit tidur, gelisah, cepat marah, kelelahan, dan sakit kepala. Sedangkan minuman bersoda bisa membuat perut kamu kram. Hal itu akan membuat kamu makin tidak nyaman saat haid.

4. Gandum Olahan
Roti, donat, dan kue lainnya yang merupakan gandum olahan juga dihindari saat haid. Karena, gandum olahan nutrisinya sudah hilang sebagian dan banyak mengandung gula. Kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi nasi merah atau oatmeal.

5. Daging Merah
Mengonsumsi daging merah memang nikmat. Tapi tidak disarankan untuk kamu yang sedang haid. Daging merah mengandung lemak jenuh yang tinggi. Sehingga, jika kamu mengonsumsinya akan terjadi kram pada perut yang terasa sangat sakit.

6. Produk Susu
Susu memang sehat untuk tubuh dan banyak sekali olahan susu yang bisa dinikmati. Tetapi, saat haid tidak dianjurkan untuk mengonsumsi olahan susu seperti eskrim dan keju. Produk susu dapat menyebabkan nyeri atau kram pada rahim, serta perut kembung dan diare.
https://nonton08.com/the-wolfpack/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar