Senin, 31 Agustus 2020

Kerap Dianggap Sama, Ini Perbedaan Sperma dan Air Mani

Sebagian orang mungkin berpikir sperma dan air mani adalah hal yang sama. Namun, faktanya sperma dan air mani adalah dua hal yang berbeda.
Meski secara kasat mata, sperma dan air mani terlihat seperti cairan berwarna putih pekat. Ternyata, jika dilihat dengan mikroskop perbedaan antara keduanya dapat terlihat dengan jelas.

Dikutip dari Health, berikut dua hal yang perlu kamu ketahui tentang sperma dan air mani.

Air mani lebih banyak dari sperma
Sperma adalah sel mikroskopis (tidak bisa dilihat dengan mata telanjang) yang sering disebut mirip seperti kecebong dan menjadi bagian dari air mani. Sperma bertugas untuk membuahi sel telur yang berada di dalam rahim. Untuk bisa sampai ke sel telur, sperma akan dibawa oleh cairan yang dihasilkan oleh prostat, yakni air mani.

"Cairan prostat mengandung senyawa kimia yang membuat air mani menjadi lebih cair, sehingga sperma bisa berenang lebih bebas," kata Michael Reitano, MD, pakar kesehatan seksual di Mens's Healthcare Roman.

Air mani membantu sperma hidup lebih lama
Sperma dapat bertahan hidup selama lima hari di dalam rahim hingga akhirnya mereka akan mati terbuang, karena gagal melakukan pembuahan.

Namun, jika berada di luar rahim, sperma tidak akan bisa bertahan lama. Menurut Reitano, dalam kondisi itu kemungkinan sperma akan mati ketika air mani sudah mengering. "Sperma akan mati saat itu terjadi," jelas Reitano.

Tak Sengaja Telan Jarum, Remaja 17 Tahun Ini Sampai Operasi Jantung

 Sebagian orang mungkin terbiasa menaruh sementara jarum di mulut dengan bibir. Kebiasaan ini sebetulnya sangat berbahaya karena ada risiko jarum tidak sengaja tertelan bila lengah.
Hal ini terjadi pada seorang remaja 17 tahun asal Amerika Serikat. Dalam laporan terbaru di jurnal Emergency Medicine, dokter dari University of Massachusetts Medical School terkejut usai menemukan sebuah jarum jahit di jantungnya.

Sang remaja awalnya datang ke ruang gawat darurat karena keluhan nyeri dada. Ia mengaku merasakan sakit yang semakin hebat saat menarik napas dalam atau berbaring.

Tes dengan alat elektrokardiogram (EKG) menunjukkan tanda-tanda abnormalitas. Pemeriksaan CT scan lalu menemukan adanya objek tipis asing berukuran panjang 3,5 sentimeter yang tampak menembus jantung sang remaja.

Sang remaja mengaku tidak menelan benda-benda aneh sebelum mengalami gejala. Hanya saja ia memang terbiasa menjahit, kadang menaruh jarum di mulut.

Pada akhirnya dokter melakukan operasi jantung. Hasilnya terbukti bahwa memang benda asing tersebut adalah jarum yang kemungkinan tidak sadar tertelan.

Kasus ini menjadi kejadian langka karena biasanya objek asing yang tak sengaja tertelan berakhir di saluran cerna atau pernapasan. Dokter tidak tahu pasti bagaimana jarum tertelan bisa sampai ke jantung. Ada kemungkinan jarum menembus usus sehingga bisa masuk ke dalam pembuluh darah.

"Laporan ini menyoroti potensi komplikasi dari masalah benda asing tertelan dam menantang paradigma yang menyebut menelan benda linier tajam kurang dari 5 sentimeter biasanya jarang menimbulkan masalah," tulis para dokter dalam laporannya seperti dikutip dari jurnal Emergency Medicine pada Sabtu (29/8/2020).
https://indomovie28.net/scooby-doo-music-of-the-vampire/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar