Selasa, 25 Agustus 2020

Bakal Disuntik Vaksin COVID-19 Pekan ini, Begini Persiapan Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan akan menerima kandidat vaksin COVID-19 pekan ini. Ia pun mulai mempersiapkan fisik agar kondisi badannya tetap prima.
Dijadwalkan pria yang akrab disapa Kang Emil itu akan melaksanakan pemeriksaan fisik dan swab test pada Selasa (24/8/2020). Bila hasilnya negatif, tiga hari setelah pemeriksaan ia akan mendapatkan suntikan pertama atau V1 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung.

"Seminggu terakhir mencoba memaksimalkan kebugaran. Olahraga, makan juga diatur tidak asal-asalan, batin ibadah juga ditingkatkan sambil baca-baca tentang informasi kalau ada apa-apa. Tapi intinya optimis, yang rada was-was ibu Cinta, wajar karena belum pernah jadi (relawan vaksin), ada sekian persen rasa was-was yang masuk akal," ujar Kang Emil, Senin (24/8).

Untuk mengatasi rasa was-was itu, ia pun berkonsultasi dengan Profesor Kusnandi Rusmil yang menjadi Ketua Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari Unpad selama dua jam. Ia mengaku, rasa cemas itu pun luruh.

"Sehingga sekarang tidak was-was tapi lebih pada persiapan fisik supaya pas dilakukan kondisinya prima. Jadi besok pagi mengawali pagi saya olahraga dulu, tidur banyak juga," ujarnya.

Menurutnya muncul berbagai spekulasi yang menyatakan bahwa wabah merupakan suatu kebohongan, begitu pun dengan vaksin yang diisukan menjadikan rakyat sebagai kelinci percobaan. Oleh karena itu, ia akan berusaha mengambil resiko untuk meyakinkan masyarakat.

"Justru dengan begini agak reda, saya menjadi saksi kalau berhasil, kalau gagal seperti apa. Maka yang memberi testimoni Ketua Gugus Tugas langsung yang bisa memahami per-covid-an dari A sampai Z, termasuk vaksin karena secara pribadi terlibat," ucapnya.

"Dan ini bagian dari bela negara, kalau ada perang tiba-tiba ada keputusan harus eksperimen semua orang harus bersemangat supaya menang perang, karena ini ngetes alat senjata untuk melawan musuh, kalau enggak dites gimana, kita akan hidup di dalam ketidakpastian, harus disyukuri ternyata Indonesia bisa memproduksi sendiri," imbuhnya.

Selain itu, sambung Kang Emil, kalau pun uji klinis berhasil, proses pembuatan vaksin pun bisa tetap dipantau di Jawa Barat, tepatnya di Biofarma.

Serba-serbi Bentuk Puting Wanita dan Alasan Mengapa Terkadang Terasa Nyeri

Puting payudara wanita ternyata memiliki beberapa fakta yang tidak banyak orang tahu. Hal ini dikarenakan tidak semua wanita memiliki bentuk dan warna puting yang sama, bahkan cenderung selalu berbeda.
Namun, ternyata perbedaan warna dan bentuk puting tersebut dapat menunjukkan kondisi kesehatan wanita. Seperti apa?

Berikut 5 fakta puting wanita dikutip dari Healthline.

Puting payudara tidak muncul, kenapa?
Puting payudara memiliki beragam bentuk, bisa datar, menonjol, atau kedua putingnya tidak memiliki bentuk yang sama. Namun, puting payudara yang datar atau tidak muncul juga tidak sedikit dialami wanita. Dalam mengatasinya, stimulasi puting atau suhu dingin bisa membuat puting muncul sementara.

Apa penyebab puting payudara terasa sakit?
Puting yang terasa nyeri sering dialami para wanita. Berbagai alasan bisa menjadi penyebabnya.

Khusus bagi ibu hamil, puting yang terasa nyeri bisa disebabkan karena masalah posisi saat menyusui. Namun pada beberapa wanita yang sedang tidak menyusui penyebabnya bisa karena hal berikut.

- Gejala premenstrual syndrome (PMS) atau perubahan hormonal lainnya
- Iritasi kulit
- Alergi
- Gesekan dari bra

Namun, jika rasa nyeri terus berlanjut dan diikuti keluarnya cairan segera menemui dokter.

Normalkah jika ukuran puting payudara berubah?
Ukuran puting bisa berubah terutama selama kehamilan. Satu studi 2013 dari 56 wanita yang hamil menunjukkan bahwa puting mereka tumbuh panjang dan lebar selama kehamilan mereka. Lebar areola, atau daerah sekitar puting yang umumnya berwarna hitam juga bisa melebar.

Puting payudara yang berubah juga bisa disebabkan reaksi terhadap sentuhan atau suhu dingin. Bahkan usia dapat menyebabkan perubahan normal pada puting juga. Tetapi jika puting atau areola tiba-tiba atau tiba-tiba berubah, itu mungkin merupakan tanda masalah medis.

Kenapa bentuk puting terasa aneh?
Areola, bagian sisi puting ini umumnya memiliki warna yang beragam. Meskipun orang yang memiliki kulit lebih gelap cenderung memiliki areola yang lebih gelap dibandingkan orang dengan kulit lebih terang, hal itu tidak selalu terjadi. Bentuk areola juga bisa tidak rata atau miring, jadi jangan khawatir jika kamu tidak memiliki dua lingkaran bundar sempurna di sekitar puting.

Mengapa puting memiliki tekstur tidak rata?
Tuberkel Montgomery adalah jenis kelenjar penghasil minyak yang dimiliki para wanita di sekitar areola mereka. Mereka muncul sebagai benjolan kecil. Dokter menganggap kelenjar montgomery bisa melindungi daerah puting karena menghasilkan minyak yang menjaga puting tetap lembut dan melindungi dari infeksi, yang sangat bermanfaat selama kehamilan dan menyusui.
https://indomovie28.net/the-torture-club-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar