Senin, 31 Agustus 2020

Unik, Fotografer Ini Memotret Sepeda Tukang Kopi Jadi Sekeren Brompton

Sepeda memang sedang ngehits di tengah pandemi virus Corona COVID-19. Semakin banyak yang bersepeda entah untuk aktivitas sehari-hari atau sekedar menjalani hobi baru.
Rupanya hal ini nggak hanya berdampak pada toko sepeda yang kemudian laris manis. Bagi sebagian orang, tren sepeda ini menjadi inspirasi untuk menghasilkan karya kreatif.

Seperti yang dilakukan Panji Indra, pria 41 tahun asal Tangerang, fotografer profesional yang membuat sesi foto dengan konsep unik khusus para pesepeda. Jika kita terbiasa difoto dengan background studio, sesi foto Panji dilakukan di jalanan, terinspirasi dengan tema street style.

Meskipun tidak dilakukan di studio, setiap sesi foto Panji tetap menggunakan lighting dan backdrop yang menjadi ciri khas atau karakter dari hasil karyanya.

Nggak cuma sepeda para 'sultan' seperti brompton maupun road bike yang terdokumentasi di media sosial @thecyclistportrait yaitu akun dari kumpulan hasil karyanya. Ia juga ikut memotret para pedagang, yang kesehariannya harus memakai sepeda, tetapi seringnya luput dari perhatian kalau mereka juga pesepeda.

Makanya, ia tidak ragu untuk mengabadikan momen para pedagang yang sehari-hari bersepeda demi meraup rupiah. Sekaligus mengingatkan, aktivitas sepeda sebenarnya bukan cuma soal merek sepeda yang harganya cukup mahal.

"Banyak yang sepedaan karena kita senang, kita hobi. Tetapi ada juga yang sepedaan karena harus. Jadi maksudnya itu kaya respect gitu loh respect sama orang-orang emang menghabiskan banyak waktunya di jalan," bebernya saat ditemui detikcom di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat Sabtu (29/8/2020).

Lewat foto-foto tersebut, Panji juga ingin merekam sebuah kenangan yang suatu saat nanti akan diingat orang. Melalui karyanya, Panji berharap di 10 tahun mendatang setidaknya banyak memori yang terdokumentasi saat pandemi dan tren sepeda tidak selalu ada setiap tahun.

"Maksudnya jadi kaya database saja, terus 10 tahun lagi lo tuh kita ada yang namanya pandemi. Terus abis itu ada dulu tuh 10 tahun yang lalu sepeda sempat ngetren lho," pungkasnya.

3 Risiko Kerusakan Usus Saat Keasyikan Main Ponsel Sambil BAB

Sebuah survei menunjukkan 96 persen Gen Z dan 90 persen millenial tidak bisa buang air besar (BAB) tanpa membawa serta ponsel mereka. Hati-hati lho, kebiasaan buruk ini bisa berdampak pada usus.
Tanpa disadari, keasyikan main ponsel di toilet membuat seseorang butuh waktu lebih lama dari yang seharusnya. Setidaknya, jadi tidak cepat bosan sehingga tidak segera menyudahi hajatnya.

Memang sih, tidak ada patokan berapa lama maksimal seseorang boleh duduk di toilet saat BAB. Selama tidak ada yang mengantre, tidak ada larangan untuk berlama-lama.

Tapi ada baiknya membatasi diri karena bagaimanapun terlalu banyak duduk tidak baik untuk kesehatan. Terlebih, duduk di toilet tanpa ada penyangga di bagian tertentu.

Beberapa risiko yang bisa muncul adalah sebagai berikut, dikutip dari Livestrong:

1. Wasir
Pada dasarnya semua orang punya risiko wasir atau ambeien, yang terjadi akibat pelebaran pembuluh darah di sekitar dubur. Risikonya meningkat ketika seseorang terlalu banyak duduk, apalagi duduk di toilet.

"Saat Anda duduk di toilet, Anda memberikan tekanan langsung dan terfokus pada area dubur, terlebih saat Anda mengejan," kata Ugo Iroku, seorang ahli pencernaan di New York.

2. Sembelit
Tanpa disadari, berlama-lama duduk di toilet akan memberi pesan pada tubuh untuk tidak buru-buru. Pesan ini diterima juga oleh sistem pencernaan yang membuat pergerakan usus akhirnya melambat. Dampaknya adalah konstipasi atau sembelit.

"Mirip seperti kebiasaan nonton TV di tempat tidur yang bikin lebih susah tidur," kata Iroku.

3. Perdarahan
Terkait risiko wasir, terlalu lama duduk di toilet bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Jika tiba-tiba mendapati BAB disertai darah, itu artinya terjadi kerusakan di dinding anus yang melukai pembuluh darah. Kondisi ini disebut fissure.

"Fissure akan menyebabkan sphincter (otot di dubur) menutup. Ini bisa memicu kesulitan untuk BAB karena Anda akan berusaha melawan pintu yang tertutup," jelas Kyle Staller, seorang ahli gastroneurologi.
https://indomovie28.net/real-steel-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar