Rabu, 22 Juli 2020

55 RW di Jakarta Terendam, Waspadai 5 Ancaman Penyakit Saat Banjir

Hujan yang turun sejak dini hari tadi merendam sejumlah titik di Jakarta. Ketinggian air bervariasi, ada yang mencapai 120 centimeter.
Tercatat ada 55 RW di ibukota yang terendam banjir. Sebanyak 14 RW berada di Jakarta Pusat, 1 RW di Jakarta Utara, 6 RW di Jakarta Barat, 28 RW di Jakarta Timur.

Selain memicu kerugian harta benda, genangan banjir juga berpotensi menyebabkan berbagai penyakit. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Diare
Masalah paling umum saat banjir melanda adalah akses air bersih. Pencemaran bisa terjadi di mana saja, dan sistem pencernaan paling rentan terhadap gangguan akibat air kotor yang masuk lewat makan dan minum.

2. ISPA
Hujan dan genangan air menyebabkan daya tahan tubuh menurun, sehingga rentan terserang penyakit. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) juga banyak menyerang di musim banjir.

3. Infeksi kulit
Jamur kulit paling mudah tumbuh pada suasana lembab. Ditambah dengan sulitnya akses air bersih, infeksi jamur kulit menjadi masalah umum dalam situasi banjir.

4. Leptospirosis
Bangkai dan kencing tikus juga harus diwaspadai sebagai sumber penyakit di musim hujan, apalagi bila terjadi banjir. Bakteri Leptospira yang ditularkan lewat kencing tikus bisa memicu leptospirosis.

5. Demam berdarah dengue
Genangan air sebelum dan sesudah banjir bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Salah satu penyakin yang ditularkan nyamuk di musim hujan adalah demam berdarah dengue.

Boleh Buat Gaya, Tapi Ingat Ini yang Terpenting Saat Olahraga

 Seiring perkembangan zaman, berbagai macam olahraga baru pun bermunculan seperti crossfit, zumba, dan pound fit. Sayangnya masih banyak pemula yang mengikuti olahraga ini hanya untuk dijadikan ajang bergaya, tanpa memperhatikan aspek risiko cedera karena kurangnya pemahaman yang benar.
Praktisi kebugaran sekaligus pelatih pound fit, Sistya Windasari mengatakan olahraga itu tentang kesehatan tubuh, bukan untuk dijadikan ajang bergaya.

"Balik lagi sih love your body, ya itu semua tentang tubuhmu. Jadi nggak penting lah mau kelihatan bagus di orang lain, tapi di badan kita hancur itu nggak banget," kata Sistya saat ditemui detikcom, di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Sabtu (22/2/2020).

Meski begitu, Gwendoline Chia yang juga pelatih kebugaran pound fit menambahkan bahwa pentingnya mengedukasi para pemula sebelum dimulainya latihan agar terhindar dari risiko cedera.

"Jadi kita edukasi dulu gimana sih caranya, bentuk-bentuk posisi badannya, risikonya apa kalau salah itu dijelasin," jelas Gwendoline.

"Nggak cuma yang baru, yang lama aja masih suka salah dan yang baru pasti ribet dan bingung gimana mengkoordinasikan gerakan, pelan-pelan tuh kita bantu mereka untuk memperbaiki," tuturnya.

Pesan Para Instruktur Agar Tak Malah Tumbang Gara-gara Olahraga

 Olahraga memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh agar menjadi lebih bugar dan sehat. Namun aktivitas ini bisa berbahaya bila dilakukan secara berlebihan atau dipaksakan melebihi batas ketahanan diri sendiri.
Seorang praktisi dan pelatih kebugaran pound fit, Sistya Windasari mengatakan sebaik apa pun manfaat olahraga yang sedang dilakukan, tetap harus memikirkan batas ketahanan diri sendiri.

"Intinya love your body ya. Kan kita olahraga itu buat badan kita dan buat kesehatan tubuh. Jadi harus aware sama badan kita sendiri, jangan ada ego diri sendiri saat melakukan latihan dan cari tahu sampai mana batas level ketahanan kita," kata Sistya saat ditemui detikcom si Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Sabtu (22/2/2020).

Sementara itu, Gwendoline Chia yang juga instruktur pound fit mengatakan bahwa ia kerap kali menemukan kasus orang yang sedang melakukan latihan, tetapi tidak memikirkan dirinya sendiri sehingga berakibat cedera.

"Orang awam itu biasanya cenderung malu ya gengsi karena yang lain bisa, sebenarnya dia sudah capek tapi dia paksain karena kanan-kirinya masih lanjut," jelas Gwendoline.

"Nah itu yang harus kita edukasi bahwa kalau capek ya capek aja, istriahat dulu cool down dulu, itu yang kadang-kadang orang lupa," pungkasnya.
https://cinemamovie28.com/black-clover-episode-58-subtitle-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar