Minggu, 19 Juli 2020

Cegah Corona di Bandara, India Awasi Penumpang Indonesia dan 9 Negara Lain

Direktorat Jenderal Penerbangan Komersial India (DGCA) mengeluarkan pernyataan resmi untuk memindai penumpang yang berasal dari 10 negara, salah satunya Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai upaya memerangi atau mencegah virus corona COVID-19 masuk ke wilayah India.
"Untuk mencegah penyebaran COVID-19 di India, sudah diputuskan memperluas pemindaian global dari semua penumpang penerbangan yang tiba dari Nepal, Indonesia, Vietnam dan Malaysia selain penumpang dari China, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Thailand, dan Singapura," bunyi pernyataan tersebut dilansir dari Times of India.

Sebelumnya, Departemen Kesehatan Negara bagian Victoria, Australia juga memberikan imbauan bagi pendatang luar negeri dan melakukan pengecekan kesehatan klinis beberapa pendatang yang berasal dari Hong Kong, Jepang, Singapura, Thailand, dan Indonesia.

Pemindaian di India sendiri disebut harus dilakukan sesegera mungkin saat penumpang tiba di lokasi bandara. Penumpang juga harus memiliki formulir kesehatan yang telah diinsturksikan oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India.

Sementara itu, bandara Mumbai pada hari Sabtu (22/2) mengatakan telah mulai menyaring penumpang yang datang dari Indonesia, Malaysia, Vietnam dan Nepal untuk virus korona sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

Hingga kini tercatat lebih dari 79.930 orang di seluruh dunia terinfeksi virus corona COVID-19 dan korban meninggal mencapai 2.465 jiwa. Disebutkan bahwa kasus virus corona di Indoa telah menginfeksi tiga orang.

Mitos-mitos Sesat Soal Kandungan, Salah Satunya Berenang Bisa Bikin Hamil

Mitos-mitos seputar kehamilan masih menjamur di masyarakat. Meski beberapa mulai ditinggalkan, sederet anggapan tabu mengenai kehamilan masih sering diperbincangkan.
Kebanyakan mitos yang beredar seputar kehamilan kerap kali tak terbukti. Misalnya makan kacang saat hamil akan bikin bayi mengalami alergi dan pantangan untuk tidak membeli baju bayi sebelum kehamilan berusia 7 bulan.

Belum lama ini seorang Komisioner KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) juga mengingatkan wanita untuk tidak berenang di kolam renang karena bisa bikin hamil yang tentunya adalah mitos.

Berikut mitos nyeleneh seputar kehamilan dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kolam renang bisa bikin hamil
Komisioner KPAI belum lama ini membuat pernyataan bahwa wanita diimbau untuk tidak berenang di kolam renang bersama pria karena akan menyebabkan kehamilan.

American Pregnancy menjelaskan bahwa sperma di kolam renang, bak mandi atau bak mandi air panas, tidak mungkin mampu masuk ke dalam bagian organ intim wanita dan menyebabkan kehamilan. Selain itu dr Dinda Dermaisya, SpOG, dari Medistra Hospital, menjelaskan sperma tidak mungkin bertahan di dalam kolam renang. Beberapa faktor bisa menjadi penyebabnya.

"Kaporit pada kolam renang akan mengoksidasi kuman-kuman (termasuk kalau ada yang gila mau ejakulasi di dalam kolam) sehingga terjadi degradasi protein sampai mati," jelasnya

2. Makan nanas bikin keguguran
Banyak yang menganggap makan nanas dapat menyebabkan masalah kehamilan dan keguguran terutama saat hamil muda. Akibatnya buah yang kaya vitamin C ini kerap dihindari ibu hamil.

Dikaitkannya nanas dengan keguguran karena nanas mengandung enzim bromelain. Enzim bromelain ini bersifat proteolitik, yaitu dapat menguraikan protein. Karena janin terbentuk dari protein maka mengkonsumsi nanas dikhawatirkan dapat menyebabkan perdarahan dan keguguran.

Faktanya jumlah enzim bromelain dalam nanas sangat kecil sekali sehingga mengonsumsi nanas dalam jumlah yang lazim tidak mungkin menyebabkan perdarahan atau keguguran. Enzim bromelain yang terkandung dalam nanas mungkin baru akan menyebabkan masalah jika dikonsumsi sebanyak 7-10 buah nanas utuh pada satu waktu.
https://cinemamovie28.com/zero-no-tsukaima-s2-episode-10/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar