Minggu, 19 Juli 2020

Mitos-mitos Sesat Soal Kandungan, Salah Satunya Berenang Bisa Bikin Hamil

Mitos-mitos seputar kehamilan masih menjamur di masyarakat. Meski beberapa mulai ditinggalkan, sederet anggapan tabu mengenai kehamilan masih sering diperbincangkan.
Kebanyakan mitos yang beredar seputar kehamilan kerap kali tak terbukti. Misalnya makan kacang saat hamil akan bikin bayi mengalami alergi dan pantangan untuk tidak membeli baju bayi sebelum kehamilan berusia 7 bulan.

Belum lama ini seorang Komisioner KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) juga mengingatkan wanita untuk tidak berenang di kolam renang karena bisa bikin hamil yang tentunya adalah mitos.

Berikut mitos nyeleneh seputar kehamilan dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kolam renang bisa bikin hamil
Komisioner KPAI belum lama ini membuat pernyataan bahwa wanita diimbau untuk tidak berenang di kolam renang bersama pria karena akan menyebabkan kehamilan.

American Pregnancy menjelaskan bahwa sperma di kolam renang, bak mandi atau bak mandi air panas, tidak mungkin mampu masuk ke dalam bagian organ intim wanita dan menyebabkan kehamilan. Selain itu dr Dinda Dermaisya, SpOG, dari Medistra Hospital, menjelaskan sperma tidak mungkin bertahan di dalam kolam renang. Beberapa faktor bisa menjadi penyebabnya.

"Kaporit pada kolam renang akan mengoksidasi kuman-kuman (termasuk kalau ada yang gila mau ejakulasi di dalam kolam) sehingga terjadi degradasi protein sampai mati," jelasnya

2. Makan nanas bikin keguguran
Banyak yang menganggap makan nanas dapat menyebabkan masalah kehamilan dan keguguran terutama saat hamil muda. Akibatnya buah yang kaya vitamin C ini kerap dihindari ibu hamil.

Dikaitkannya nanas dengan keguguran karena nanas mengandung enzim bromelain. Enzim bromelain ini bersifat proteolitik, yaitu dapat menguraikan protein. Karena janin terbentuk dari protein maka mengkonsumsi nanas dikhawatirkan dapat menyebabkan perdarahan dan keguguran.

Faktanya jumlah enzim bromelain dalam nanas sangat kecil sekali sehingga mengonsumsi nanas dalam jumlah yang lazim tidak mungkin menyebabkan perdarahan atau keguguran. Enzim bromelain yang terkandung dalam nanas mungkin baru akan menyebabkan masalah jika dikonsumsi sebanyak 7-10 buah nanas utuh pada satu waktu.

3. Ngidam tak dituruti bikin anak ileran
Hingga kini masih banyak yang percaya jika sedang ngidam baiknya dituruti karena jika tidak, anak akan ileran. Spesialis kandungan dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya menegaskan hal tersebut mitos.

"Ngidam dan ngileran hanyalah sebuah mitos. Tidak terbukti di sisi medis. Berapa banyak sih Anda melihat anak kecil yang ileran? Atau mungkin definisi operasional dari kata ileran itu apa? Apakah produksi iler dalam jumlah tertentu? Nope. Can't explain? Than it's a myth," imbuhnya.

4. Minum air es, bayi lahir besar
Saran lain yang sering didengar oleh ibu hamil adalah menghindari minum air es karena diduga bisa membuat bayi lahir besar. Padahal bayi yang terlahir besar dipengaruhi oleh banyak hal seperti genetik, nutrisi dan kondisi ibu.

"Tidak ada hubungan antara minum air es dengan berat badan lahir bayi, namun minumlah air yang benar-benar matang untuk kesehatan bayi," tulis dr Sudung O Pardede, SpA(K), Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, dr Parlindungan Siregar, SpPD-KGH, dan dr Budi Iman Santoso, SpOG(K) dalam buku 'Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi'.
https://cinemamovie28.com/zero-no-tsukaima-s2-episode-6/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar